Rancang Bangun Game Edukasi “PhyGames”: Solusi Inovatif untuk Pembelajaran Fisika di SMA
Fisika, sebagai salah satu mata pelajaran penting di jenjang SMA, sering kali menjadi tantangan bagi siswa. Berdasarkan standar kurikulum, terdapat 11 bab yang diajarkan, termasuk fluida statis, gerak parabola, dan fluida dinamis. Namun, metode pembelajaran konvensional yang sering diterapkan oleh guru dianggap kurang efektif dalam membantu siswa memahami konsep fisika secara mendalam. Siswa kerap belajar secara individu tanpa keterlibatan aktif, yang menyebabkan rasa bosan dan rendahnya motivasi belajar.
Melihat permasalahan tersebut, tim peneliti dari Politeknik Negeri Indramayu, Program Studi D3 Teknik Informatika, mengembangkan sebuah game edukasi bernama “PhyGames”. Penelitian ini dipimpin oleh Nur Budi Nugraha dengan anggota tim Yaqutina Marjani S dan Esti Mulyani. Game ini dirancang sebagai media pembelajaran interaktif untuk membantu siswa lebih mudah memahami materi fisika, khususnya fluida statis, gerak parabola, dan fluida dinamis.
Metode Penelitian: Waterfall
Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang melibatkan beberapa tahapan utama, yaitu:
- Identifikasi Masalah dan Kebutuhan: Mengumpulkan informasi tentang kesulitan siswa dalam mempelajari fisika dan kebutuhan akan media pembelajaran interaktif.
- Analisis dan Perencanaan: Merancang konsep game yang sesuai dengan materi fisika dan kebutuhan pengguna.
- Pengembangan Sistem: Membangun game “PhyGames” dengan pendekatan interaktif berbasis 3D menggunakan metode Finite State Machine.
- Uji Coba dan Evaluasi: Menguji kelayakan dan efektivitas game melalui respon pengguna.
Hasil Penelitian dan Evaluasi
Game edukasi “PhyGames” berhasil dikembangkan dan mendapatkan respon positif dari pengguna. Hasil kuesioner menunjukkan:
- Kemudahan Penggunaan: 85% responden menyatakan game ini mudah digunakan.
- User Interface: 95% responden mengapresiasi tampilan antarmuka yang sangat baik.
- Pengalaman Pengguna: 78% responden merasa puas dengan pengalaman menggunakan game.
- Efektivitas Pembelajaran: 82% responden mengakui bahwa game ini sangat membantu dalam mempelajari materi fisika, khususnya pada topik fluida statis, gerak parabola, dan fluida dinamis.
Dampak dan Harapan
Dengan kehadiran “PhyGames”, siswa kini memiliki media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Game ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika yang kompleks sekaligus menumbuhkan minat belajar.
Nur Budi Nugraha selaku ketua peneliti menyatakan, “Pengembangan “PhyGames” adalah langkah inovatif untuk menjembatani kesenjangan antara metode pembelajaran konvensional dan kebutuhan siswa akan media yang lebih engaging. Kami berharap game ini dapat diadopsi secara luas oleh sekolah-sekolah untuk mendukung pembelajaran fisika.”
Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi solusi efektif untuk tantangan pembelajaran konvensional. Dengan inovasi seperti “PhyGames”, siswa diharapkan tidak hanya lebih memahami materi pelajaran, tetapi juga menikmati proses belajar.